Wednesday, September 15, 2010

Hati Nurani


Kemaren sebelum hari raya lebaran...sewaktu saya pergi kerja, di persimpangan jalan saya dikejutkan dengan sebuah sepeda motor yg melintang di tengah jalan...dan ga jauh dari situ terlihat juga se onggok tubuh yang telungkup mencium aspal jalanan dengan darah yg bercucuran, saya bingung...ada apa ini?..knapa ga ada org yg nulungin ya?..saya lihat sekeliling..ada beberapa org walau ga cukup rame cuma melihat ke arah org yg kecelakaan tersebut, ntah saya yang bego atau saya yg kehilangan kesadaran...saya berhentikan sepeda motor saya di tengah jalan..sedikit jauh dari TKP, saya dekati korban tersebut...kemudian saya angkat bahunya utk melikat ke adaan kepalanya, syukurlah tuh org gpp...cuma pelipisnya yg sobek dan karna itu jugalah darah lumayan banyak keluar, setelah itu saya coba bangunkan korban tersebut...tak lama org dari pinggiran jalan ada yang teriak..."angkat ke pinggiran", dalem hati saya "yee...nih org enak aja ngomen tanpa membantu", karna tubuh korban lumayan besar..trus saya panggil org2 sekitar..minta tolong bantu angkatin..datanglah 2 org membantu saya ..kami bawa kepinggir jalan dan men dudukkanya pada dinding rumah...syukur alhamdulillah dia sadar tapi dia ga inget apa yg terjadi dengannya...dia tanya "saya kenapa bang? " saya jawab " abang habis kecelakaan..saya ga tau ab kecelakaan dengan apa, saya cuma liat abang telungkup aja di aspal itu dan saya juga ga tau ntah udah berapa lama abang pingsan di situ". dan akhirnya tuh korban pegi ke rumah sakit dengan menggunakan becak mesin

nah sekarang yang saya bingungkan adalah kenapa ga ada yang nolongin sebelum saya sih?, saya ada nanyain temen saya yg lain ada yg menjawab takut disalahkan, ntr di kira malah pelaku yang nabrak, beberapa malah ada yang bilang biarin aja..toh nanti runyam urusannya klo udah dateng polisi?..saya bingung runyam gimana?..nolongin orang kok runyam jadinya?..di jawab mereka ..ntar polisi pada nanya2in trus nuduh2...haih?.."nuduh gimana?"..pertanyaan yg ini cuma dalem hati saya aja ya...he he he.karna saya udah males nanggepinya.

Gara2 kejadian ini saya jadi bingung. apa yg saya lakukan ini salah ya? atau zaman ini udah ga ada lagi yang namanya sosialis? jadi ga usah peduli ma sekitar..individualis aja...tenang hidup loe..ga usah urusin orang lain, non sense saya bilang..hidup manusia tuh ga bisa sendiri...coba misalnya tuh korban adalah orang terdekat kita..apa kita tetap ga akan mau nolongin?..apa kita biarkan aja sampe nanti ada yang nolongin atau biarkan aja berlalu..??, dan misalnya tuh korban adalah kita..apa kita ga ingin ada orang yang membantu kita??

Setiap perbuatan baik atau buruk ada imbalannya..dan setiap ada org yang butuh pertolongan ..wajib kita bantu semampu kita..karna kita juga ga selamanya tidak membutuhkan bantuan orang lain, ini yang di ajarkan dalam agama..dan saya memegang teguh itu..semoga temen-temen yang membaca blog saya ini sepaham dengan saya..amin..

No comments:

Post a Comment